MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BAKALAN DENGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA NORMAL BARU DI TENGAH PANDEMI COVID- 19


OLEH: KHUSNUL KHOTIMAH, S. Pd 

SDN 2 BAKALAN KECAMATAN BULULAWANG KABUPATEN MALANG JATIM


 Bunyi pembukaan UUD 1945 alinea empat, tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bagaimana pun situasinya dan kondisinya sebagai pendidik harus bisa mengkondisikan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cerdas, bangsa yang berakhlak mulia, bangsa yang bermartabat, bangsa yang berprestasi, dan bangsa yang selalu unggul di dunia Internasional. 


Seperti masa sekarang di tahun 2020 pandemi covid_19 telah melanda dunia. Kecerdasan anak bangsa harus tetap kita capai. Untuk mencapai tujuan pendidikan perlu usaha mendidik anak bangsa yang dimulai dari sekolah dasar kita awali dari kelas satu. Kelas satu adalah siswa belum mengenal sama sekali guru- gurunya, lingkungan sekolahnya, dan sebagian teman- teman. 

Awal kelas satu sekolah dasar siswa masih mengenal teman yang berasal dari satu TK. Kemungkinan teman baru yang berasal dari TK lain mereka belum mengenal. 


Dari fakta di atas, bahwa siswa kelas 1 baru belum mengenal lingkungan sekolah dan beberapa anggota sekolah yang baru. Pihak sekolah sebelum Kegiatan Belajar Mengajar efektif dilaksanakan, sekolah mengadakan masa pengenalan lingkungan sekolah. Tujuannya agar siswa mengenal dan merasa nyaman di sekolah yang baru. Belajar bisa lebih tenang dan semangat. Sehingga guru dalam mentranfer ilmu tidak mendapat, kesulitan, hambatan dan masalah. Siswa juga bisa dengan cepat menyerap ilmu dengan lancar, sehingga menjadi siswa yang berprestasi menjadi kebanggaan keluarga dan sekolah. 


Pembelajaran masa normal baru di tengah pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring dan didampingi oleh orang tua di rumah masing- masing. Hal ini mengantisipasi mencegah penyebaran virus yang sangat mematikan. Memutus mata rantai virus agar tidak menyebar luas. Sebab usia anak sekolah dasar itu rentan terhadap virus. Anak kecil tanpa bimbingan orang tua tidak mengerti bahaya dirinya. Oleh sebab itu pembelajaran untuk sementara waktu dilaksanakan secara daring agar terhindar dari penyebaran virus. 

Sebelum memasuki masa pengenalan lingkungan sekolah guru memperhatikan beberapa cara dalam menjalankan tugasnya di masa pandemi covid_19 normal baru. Guru dalam melaksanakan tugasnya juga harus mematuhi peraturan dan kebijakan dari pemerintah terkait di masa normal baru pandemi covid-19. Setelah persiapan matang, tahu peraturan dan  kebijakan pemerintah, barulah guru melaksanakan tugasnya. 


Sebelum memasuki tahun pelajaran baru di tahun 2020- 2021 beberapa pakar pendidikan dari tingkat pusat sampai kepala sekolah memberikan beberapa kebijakan dan solusi untuk pelaksanaan KBM di masa covid_19 di era normal baru. Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dalam mengatasi pelaksanaan KBM di tengah Pandemi Covid _19 memberikan kebijakan dengan mengadakan rapat besar melalui aplikasi zoom. Rapat diikuti oleh guru-guru se_Kabupaten Malang. Dalam rapatnya, beliau telah memberikan solusi dengan mempersiapkan materi melalui 3 cara, yaitu menggunakan aplikasi zoom, group WA, dan tatap muka. Rapat zoom dilaksanakan secara bergiliran dengan dibagi menjadi beberapa sesi. Sebagai narasumbernya adalah Slamet Suyono, S.Pd, M, Pd.pakar pendidikan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.


Pakar pendidikan di tingkat kecamatan yaitu Korwil kecamatan Bululawang juga menyampaikan beberapa himbauan agar lebih berhati-hati dalam menjalankan tugas. H. Ramelan, S.Pd, M.Pd Kepala Korwil Kecamatan Bululawang dan Pengawas Sekolah H. Achmad Chusairi, S.Pd, M.Pd .telah menghimbau sebelum melaksanakan tugasnya guru harus benar-benar mempersiapkan diri. Guru kelas satu harus kreatif, inovatif, dan disiplin, meskipun dalam situasi pandemi covid_19. Guru kelas satu harus dapat merumuskan langkah_ langkah pembelajaran, siswa kelas satu bisa baca tulis hitung secara maksimal dan kreatif. 


Bekal guru untuk melaksanakannya sudah lengkap. Kini awal tahun pelajaran 2020-2021 telah tiba. 


Hari pertama masuk sekolah guru kelas 1 mengundang wali murid datang ke sekolah dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dalam rawat wali murid guru menyampaikan program- program kelas satu. Pembentukan paguyupan wali murid kelas 1sebagai jembatan demi kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar. Memperkenalkan tata cara aplikasi zoom, kemudian membentuk grup wa sebagai sarana pembelajaran daring. 


Hari kedua Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, perkenalan dilaksanakan melalui aplikasi zoom. Guru memberi nomor id dan kata sandi zoom melalui grup wa. Setelah tersambung semua anggota kelas satu, guru memperkenalkan diri sebagai wali kelas satu di SDN 2 Bakalan. Wali kelas satu memperkenalkan warga sekolah SDN 2 Bakalan. 


Hari ketiga Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah siswa memperkenalkan diri melalui aplikasi zoom. Guru menunjuk satu persatu dari semua siswa untuk memperkenalkan diri sambil membuat video rekaman perkenalan untuk didokumentasikan. Tujuan agar siswa berani tampil di depan umum, melatih kreatifitas, dan dapat melihat karakter masing-masing siswa. 


Jadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah harus dilaksanakan secara daring dengan mematuhi peraturan dan kebijakan pemerintah.





Comments

  1. Terimakasih banyak Om Jay sudah diterima menjadi peserta lomba

    ReplyDelete
  2. https://digilabhome.blogspot.com/2020/08/dari-omjay-labschool-ke-digilabhome.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Termenung

Bersama Bangkit Kembali Menuju Pendidikan Indonesia Maju