MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH KELAS I SDN 2 BAKALAN

 MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BAKALAN DENGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA NEW NORMAL DI TENGAH PANDEMI COVID- 19


OLEH: KHUSNUL KHOTIMAH, S. Pd 

SDN 2 BAKALAN KECAMATAN BULULAWANG KABUPATEN MALANG JATIM


 Bunyi pembukaan UUD 1945 alinea empat, tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bagaimana pun situasinya dan kondisinya kita sebagai pendidik harus bisa mengkondisikan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cerdas, bangsa yang berakhlak mulia, bangsa yang bermartabat, bangsa yang berprestasi, dan bangsa yang selalu unggul di dunia Internasional. 


Seperti masa sekarang di tahun 2020 pandemi covid_19 telah melanda dunia. Bagaimanapun caranya kecerdasan anak bangsa harus tetap kita capai . Untuk mencapai tujuan pendidikan perlu usaha mendidik anak bangsa yang dimulai dari sekolah dasar kita awali dari kelas satu. Kelas satu adalah siswa belum mengenal sama sekali guru- gurunya, lingkungan sekolahnya, dan sebagian teman- temannya. 

Awal kelas satu sekolah dasar siswa masih mengenal teman yang berasal dari satu TK. Kemungkinan teman baru yang berasal dari TK lain mereka belum mengenal. 


Dari kenyataan di atas, bahwa siswa kelas 1 baru belum mengenal lingkungan sekolah dan beberapa anggota di sekolah yang baru. Untuk itu, pihak sekolah sebelum Kegiatan Belajar Mengajar efektif dilaksanakan , sekolah mengadakan masa pengenalan lingkungan sekolah. Tujuannya agar siswa mengenal dan merasa nyaman di sekolah yang baru. Belajar bisa lebih tenang dan semangat. Sehingga guru dalam mentranfer ilmu tidak mendapat, kesulitan, hambatan dan kendala. Siswa juga bisa cepat menyerap ilmu dengan lancar, sehingga menjadi siswa yang berprestasi menjadi kebanggaan keluarga dan sekolah. 


Pembelajaran masa new normal di tengah pandemi covid_19 kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring dan didampingi oleh orang tuanya di rumah masing- masing. Hal ini mengantisipasi mencegah penyebaran virus yang sangat mematikan. Memutus mata rantai virus agar tidak menyebar luas.Sebab usia anak sekolah dasar itu rentan terhadap virus. Anak kecil tanpa bimbingan orang tua tidak mengerti bahaya dirinya. Oleh sebab itu pembelajaran untuk sementara waktu dilakukan secara daring agar terhindar dari penyebaran virus. Pembelajaran daring siswa harus didampingi orang tuanya. 


Sebelum  memasuki masa pengenalan lingkungan sekolah guru memperhatikan beberapa cara dalam menyampaikan materi di masa new normal pandemi covid_19. Guru dalam melaksanakan tugasnya juga harus mematuhi peraturan_ peraturan dari pemerintah terkait yang ada hubungannya dengan masa new normal pandemi covid_ 19. Setelah persiapan matang, tahu peraturan di masa new normal covid_19 baru melaksanakan tugasnya. 


Sebelum memasuki tahun pelajaran baru di tahun 2020_ 2021 beberapa pakar Pendidikan dari tingkat pusat sampai kepala sekolah memberikan beberapa kebijakan dan solusi untuk pelaksanaan KBM di masa new normal covid_19. Sebelum KBM dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang dalam mengatasi pelaksanaan KBM di tengah pandemi covid _19 memberikan kebijakan dengan mengadakan rapat besar melalui aplikasi zoom. Rapat diikuti oleh guru_ guru se_Kabupaten Malang. Rapat zoom dilaksanakan secara bergiliran dengan dibagi menjadi beberapa sesi.  Sebagai narasumbernya adalah Slamet Suyono, S. Pd, M, Pd. pakar pendidikan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang yang menjabat sebagai Kabid di bidang TK/SD. Dalam rapatnya, beliau telah memberikan solusi dengan mempersiapkan materi melalui 3 cara , yaitu menggunakan aplikasi zoom, group WA, dan tatap muka.


Pakar Pendidikan di tingkat kecamatan yaitu Korwil kecamatan Bululawang juga menyampaikan beberapa himbauan agar lebih berhati-hati dalam menjalankan tugas. H. Ramelan, S. Pd, M. Pd Kepala Korwil Kecamatan Bululawang dan Pengawas Sekolah H. Achmad Chusairi, S. Pd, M. Pd .telah menghimbau sebelum melaksanakan tugasnya guru harus benar_ benar mempersiapkan diri. Guru kelas satu harus kreatif, inovatif, dan disiplin, meskipun dalam situasi pandemi covid_19. Guru kelas satu harus bisa merumuskan langkah_ langkah pembelajaran supaya siswa kelas satu bisa baca tulis hitung secara maksimal, selain kreatif. 


Bekal guru untuk melaksanakan tugasnya sudah lengkap. Kini awal tahun pelajaran 2020_ 2021 telah tiba. Hari pertama masuk sekolah guru kelas 1 mengundang wali murid datang ke sekolah untuk menyampaikan program_ program kelas satu. Pembentukan paguyupan wali murid kelas 1sebagai jembatan demi kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar. Mengenalkan tata cara aplikasi zoom. Kemudian membentuk group wa.


Proses mengundang wali murid ini pemberitahuannya melalui awal pendaftaran murid baru.

Wali murid yang datang ke sekolah dihimbau dengan memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan sebelum masuk ruangan, dan dites dengan thermogun.


Hari kedua Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, perkenalan dilaksanakan melalui aplikasi zoom. Guru memberi nomor id dan pasword zoom melalui group wa. Setelah tersambung semua anggota kelas satu, guru memperkenalkan diri sebagai wali kelas satu di SDN 2 Bakalan. Wali kelas satu memperkenalkan nama Kepala Sekolah dan guru_ guru SDN 2 Bakalan. 


Hari ketiga Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah giliran siswa memperkenalkan diri melalui aplikasi zoom. Guru menunjuk satu persatu siswa untuk memperkenalkan diri. Perkenalan siswa dilaksanakan secara bergiliran. Setelah semua memperkenalkan diri guru meminta siswa mendekomentasikan dengan vidio. Satu persatu siswa mengirimkan vidio perkenalan diri siswa dan anggota keluarganya melalui WA group. 


Tujuan mendekomentasikan vidio adalah melatih siswa berani tampil di depan umum. Melatih kreatifitas siswa dan untuk mengetahui karakter masing_ masing siswa. Dan selanjutnya untuk mempermudah guru mentransfer ilmu kepada siswa dengan berbagai karakter. 


Jadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah harus mengacu pada: 

1.tujuan pendidikan nasional pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Latar belakang siswa kelas satu. 

3. Tujuan pendidikan tercapai dengan maksimal. 

4. Pembelajaran masa new normal di tengah pandemi covid_19 dilaksanakan melalui daring. 

5. Guru dalam melaksanakan tugasnya harus mematuhi peraturan pemerintah tentang covid _19

6. Dalam melaksanakan tugasnya Guru juga harus mematuhi kebijakan_ kebijakan dinas terkait. 

7. Sebelum bertemu siswa guru mengundang wali murid untuk menyampaikan program_ program guru kelas satu. 

8. Guru memperkenalkan warga sekolah. 

9. Siswa diminta memperkenalkan diri untuk membentuk kreatifitas dan mengetahui karakter masing_ masing.

Comments

Popular posts from this blog

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BAKALAN DENGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA NORMAL BARU DI TENGAH PANDEMI COVID- 19

Termenung

Bersama Melawan Covid-19 dan Tetap Semangat Beraktivitas sebagai Guru Penggerak